0
Pada era yang serba digital ini semua orang mau hal yang semuanya serba murah, bahkan untuk berbelanja sekali pun. Didasari hal itu banyak sekali sekarang orang-orang yang berbelanja via online, entah itu dari online shop sendiri, kaskus, berniaga.com, tokobagus.com ataupun dari grup/fanspage yang ada di Facebook.

Biasanya alur dalam belanja online ini adalah kita cari dan pilih barang yang kita inginkan lalu kontak seller untuk nego-nego sedikit (ada sebagian barang yang harganya nett atau tetap), kita transfer dan barang pun dikirim.
Berbisnis online itu adalah bisnis yang mengandalkan kepercayaan, karena di sini penjual dan pembeli tidak bertemu langsung dalam transaksinya, disebabkan hal itu untuk membangun hal tersebut kita sediakan layanan COD (Cash On Delivery) atau bisa juga disebut ketemuan, sebenarnya ini cara yang platform toko online berniaga.com terapkan untuk menghindari proses penipuan.
Untuk kita yang memiliki toko online ada beberapa tips COD yang bisa diterapkan untuk menunjang toko online kita:
1. Coverage Area
Dalam melakukan transaksi COD kita harus memiliki area jangkauan yang bisa mempermudahkan kita melakukan COD, coverage area ini  biasanya adalah tempat dimana pemilik  bisnis online berada. Jadi bila masih satu wilayah akan mempermudah proses pengiriman dibanding dengan menggunakan jasa kurir.
Ataupun kita bisa mengantar ketempat yang masih bisa kita jangkau. Pada proses ini mungkin kita bisa mengenakan biaya tambahan sebagai jasa antar barang.
2. My Time My Place
Kita juga harus menentukan waktu untuk orang yang melakukan COD, jadi kita harus menyesuaikannya atau juga kita bisa memberikan pilihan waktu yang kita bisa dengan membagi waktu yang berbeda ditempat yang berbeda juga.
Kita bisa memberikan waktu COD sesuai dengan yang waktu kita bisa, contoh COD pagi jam 09.00-12.00 lokasi Bundaran HI, malam jam  19.00-20.00 lokasi Kelapa Gading.
3. Kuantitas Barang
Dalam melakukan COD kita juga bisa menentukan kuntiti barang sebagai syarat untuk bisa melakukan COD, karena ini mempengaruhi effort yang harus dikeluarkan bila kita melakukan COD.
Jadi bila barang hanya seharga 15.000 akan sangat merugikan bila kita melakukan COD. Jadi kita buat syaratnya seperti : Melayani COD dengan pembelian minimum 6 buah.
Tujuannya dilakukan COD ini adalah untuk bisa membangun kepercayaan dari pelanggan, hal ini disebabkan karena sang pembeli bisa bertemu langsung dengan sang penjual, sekaligus bisa cek kondisi barang. Jadi sediakan layanan COD, tidak harus kita yang melakukan, kita bisa menyuruh kurir untuk melakukan hal tersebut.

Post a Comment

 
Top