0
Google telah menciptakan piranti pemasaran dan periklanan yang paling efektif, tertarget dan mudah untuk diukur, sepanjang sejarah. Dengan menggunakan Google AdWords anda bisa menyebarkan informasi ke jutaan orang dalam hitungan detik saja dan berhadapan dengan audiens yang tepat hingga bisa dengan mudah anda menjual produk atau jasa anda kepada siapapun yang berpotensial menjadi pembeli keseluruh dunia. Agar dapat memanfaatkan kekuatan dari sistem yang luar biasa ini dan memaksimalkan hasil dengan juga menimimalkan pengeluaran, ada beberapa langkah yang harus anda tempuh.

Sukses Bisnis Online










Meskipun anda baru dengan AdWords atau bahkan sudah sangat berpengalaman sekalipun, ada 5 kesalahan yang sering dilakukan banyak orang. Hindari kesalahan, tingkatkan CTR (click Through Rate), Turunkan harga CPC (Cost per Click) dan tentunya menaikkan konversi.
Rahasia #1: Pisahkan Kampanye dan Adgroup anda.
Jangan pernah menggabungkan semua kata kunci hanya pada satu kampanye dan adgroup.
Seringkali kesalahan ini dilakukan banyak orang yang melakukan AdWords dengan hanya satu kampanye, satu adgroup dan terdapat lebih dari 100 kata kunci untuk hanya satu iklan. Sistem pada Google bersifat hirarki, lebih bersahabat, dapat diarahkan secara tepat berdasarkan tema kata kunci anda. Kampanye yang banyak memudahkan anda untuk mengatur beberapa adgroup dan beberapa adgroup tersebut juga memudahkan anda untuk mengatur beberapa iklan yang lebih spesifik sesuai dengan kata kunci yang digunakan.
Biasanya saya menjabarkan akun AdWords saya sebagai berikut. Kampanye yang berdasarkan kata kunci “Bunga Mawar”, lalu adgroup didalamnya memiliki variasi kata kunci “Mawar Merah”, “Mawar Putih”, dan sebagainya. Selain lebih teratur hal itu juga memudahkan anda untuk melihat performa masing-masing adgroup. Memilah-milah kampanye dan adgroups seperti ini dapat pula memudahkan anda untuk membuat iklan yang lebih spesifik lagi.
Jika anda sudah terlanjur mengumpulkan semua kata kunci hanya untuk satu kampanye dan satu adgroup saja, janganlah khawatir. Mungkin itu juga menjadi keuntungan anda. Meskipun jika lebih diatur akan lebih memudahkan anda, namun terkadang menjadi berat untuk memahami bagaimana sesungguhnya untuk mengatur akun anda. Anda tidak selalu tahu jika set pada tema tersebut menjadi populer atau tidak dan semestinya dipilah-pilah menjadi beberapa kampanye dan adgroups.
Jika kampanye anda telah berjalan selama beberapa waktu, anda bisa dongkrak performa dari set tema tersebut dengan membuat dan mengatur kampanye dan adgroup baru. Menganalisa jumlah impresi untuk masing-masing set tema dan kampanyenya.
Contohnya jika pada akun saya yang baru saja saya atur memiliki banyak impresi untuk kata kunci “Paket Liburan Bali”. Lalu saya jabarkan dalam kampanye bertema “Liburan”. Lalu saya membuat adgroup lagi didalam kampanye “Liburan” dengan variasi kata “Paket Liburan Bali” atau juga “Paket Liburan Murah”. Begitu selesai, kampanye “Liburan” telah memiliki beberapa adgroup didalamnya yang berkaitan dengan kata kunci “Liburan”. Begitu telah diatur maka pengaturannya akan terlihat seperti ini.
Liburan (kampanye) > Liburan Bali (adgroup) > Paket Liburan Bali (kata kunci) > Paket Liburan Bali Murah (iklan)
Liburan (kampanye) > Paket Liburan (adgroup) > Paket Liburan Murah (kata kunci) > Paket Liburan Murah (iklan)
Liburan (kampanye) > Paket Liburan Lombok (adgroup) > Paket Liburan Lombok (kata kunci) > Paket Liburan Lombok Murah (iklan)
Rahasia #2: Buat iklan yang lebih spesifik, Sesuaikan iklannya dengan kata kunci.
Memilah-milah kampanye dan adgroup anda bertujuan untuk membuat iklan yang lebih spesifik dan sesuai dengan tema dan tujuan dari iklan tersebut.
Rahasia #1 memudahkan anda untuk mengatur akun anda dan Rahasia #2 akan membuat orang-orang mengklik iklan anda.
Keuntungan dari AdWords adalah dari faktor spesifitasnya, anda bisa menargetkan iklan tersebut berdasarkan kata kunci “lightning bug jars” dan iklan tersebut akan muncul begitu pengunjung mengetik kata “lightning bug jars” pada mesin pencari Google. Google telah mendongkrak spesifitas tersebut dan menciptakan jaringan periklanan yang sangat besar hingga menghancurkan model jaringan periklanan lama.
Permasalahan yang lama adalah membuat iklan di televisi akan sangat memakan banyak biaya namun nyatanya iklan tersebut dilihat oleh massa yang tak tertarget. Iklan anda mengenai busana untuk remaja akan dilihat oleh orang-orang berusia lanjut yang bisa dikatakan tidak mungkin tertarik dengan produk tersebut.
Untuk agar sukses menjalankan AdWords anda harus memanfaatkan spesifisitas yang terdapat pada Google AdWords tersebut, pada awalnya mungkin akan menguras pikiran agar lebih bisa kreatif namun jika anda memilah-milah kampanye, adgroup dan kata kunci lalu pastikan anda membuat iklan anda juga lebih sespesifik mungkin.
Begitu anda telah membagi kampanye dan adgroup anda menjadi beberapa group yang lebih spesifik manfaatnya akan lebih bisa terlihat. Dimana sebelumnya anda hanya terbatas pada satu set iklan untuk banyak kata kunci, sekarang anda bisa menargetkan iklan yang lebih spesifik untuk kata kunci yang lebih spesifik. Maka untuk menulis iklan akan menjadi lebih mudah.
Banyak dari adgroup saya berisi hanya dua atau tiga tema, contohnya akunyang saya rubah hari ini memiliki adgroup “estate planning attorney” dengan diikuti dua tema yaitu “estate planning attorney” dan “estate planning attorneys”. Artinya anda bisa saja nanti memiliki lebih banyak adgroup dan kampanye untuk dimonitor dan di atur tapi hasilnya akan lebih menghemat tenaga dan waktu anda.
Rahasia #3: Gunakan kata kunci pada iklan anda.
Pernahkan anda mencoba mencari sesuatu pada Google dan kemudian pada halaman hasil pencarian tersebut kata kunci yang anda ketik sebelumnya dibuat lebih tebal. Contohnya jika mengetik kata kunci “chocolate”.
http://www.google.com/search?q=chocolate
Kata kunci “chocolate” terlihat lebih tebal dimanapun termasuk iklan dari Google AdWords.
Penembalan kata kunci tersebut menarik perhatian setiap mata yang melihat dan imbasnya apabila anda mengetik lebih dari satu kata seperti “milk chocolate” atau “dark chocolate”. Kata apa saja yang sebelumnya anda ketik akan dibuat lebih tebal pada halaman hasil pencarian, jadi sesering mungkin dan jika itu masuk akan dan pantas, maka masukkan kata kunci pada iklan anda. Visibilitas yang sangat terlihat akan sangat membantu sekali.
Selain penebalan kata kunci, mengikut sertakan kata kunci pada iklan anda juga akan berdampak psikologis pada para pengguna dengan menghubungkan kata kunci tersebut dengan iklan anda maka anda membantu menghubungkan antara iklan dengan pengunjung anda. Mereka mencari dengan kata kunci tersebut maka maka berusaha untuk memperkenalkan pada mereka mengenai potensi website anda dan relevansinya. Efeknya akan lebih kuat dan lebih nampak ketika seseorang mengetikkan kata kunci pada Google, mereka mengetikkan kata kunci kemudian pada halaman hasil pencarian kata kunci tersebut kata kunci tersebut menjadi tebal dan menarik perhatian mereka dan kemudian mereka akan klik iklan tersebut.
Pada Google Content Network (yang biasa muncul pada iklan Adsense) efeknya bisa berlanjut, para pengguna mungkin saja membaca sebuah paragraf atau artikel yang mengandung kata kunci yang diketik dan terdapat juga pada iklan adsense tersebut. Hal ini juga bisa menghasilkan dampak yang baik.
Jika anda mengiklankan sesuatu yang memiliki kompetisi yang tinggi dan memiliki impresi yang sangat tinggi tetapi memiliki klik pencarian yang sedikit pada kata kunci yang ditargetkan atau yang ingin anda targetkan. Jika anda menganggap semua atau sebagian besar dari iklan anda terdapat kata kunci pada bagian deskripsi atau judulnya, coba jangan masukkan kata kunci tersebut baik pada bagian deskripsi maupun judulnya. Cobalah iklan anda dibuat agak berbeda dan terlihat bertahan baik nantinya ditebalkan atau tidak.
Rahasia #4: Buat Beberapa Iklan & Pantau iklan-iklan tersebut.
Google AdWords mengijinkan anda untuk membuat beberapa iklan untuk setiap adgroup. Begitu anda telah mengatur akun AdWords anda secara benar dan memiliki beberapa iklan yang bekerja baik dengan kata kunci tersebut dalam satu adgroup, buatlah beberapa iklan lagi. Google melacak dan melaporkan banyak sekali untuk masing-masing iklan. Informasi yang diungkapkan Google adalah sebagai berikut :
Percent Served : jumlah berapa kali iklan tersebut muncul karena terkoneksi dengan iklan lainnya pada satu adgroup. Contohnya saya punya satu adgroup yang memilikidua iklan didalamnya.
Set kata kunci didalam adgroup ini hanya bisa memperoleh total impresi sebanyak 100, Iklan yang pertama memiliki Percent Served sebesar 46% dan yang kedua sebesar 54%. Jadi jika ikklan yang pertama memiliki percent served sebesar 46% maka memiliki impresi sebesar 46 kali (100 x 46%) dan iklan yang kedua sebesar 54 kali (100 x 54%).
Clicks : Jumlah klik yang dilakukan pengunjung pada iklan tersebut.
Impr. or Impression : Jumlah berapa kali iklan tersebut muncul setiap kali pengunjung melakukan pencarian atau juga yang nampak pada content network.
CTR (Click Through Rate) : jumlah total klik dibagi dengan total jumlah impresi dikalikan seratus persen. Ini adalah jumlah yang sangat penting, makin tinggi CTR maka makin semakin relevan iklan anda dengan kata kunci tersebut.
Cost : Jumlah biaya yang harus dikeluarkan sehubungan dengan iklan tersebut.
Conversion Rate (Conv.Rate) : Jumlah konversi yang terjadi baik berupa penjualan atau yang lain dibagi dengan jumlah total klik.
Cost per Conversion (Cost/Conv) : Jumlah biaya yang harus dikeluarkan setiap konversi.
Untuk memudahkan anda menganalisa performa akun anda, ada baiknya anda buat iklan yang banyak, saya sarankan sekitar dua atau tiga untuk satu adgroup. Pertama-tama iklan anda akan berotasi secara konsisten namun pada akhirnya akan terlihat iklan mana yang memiliki performa yang baik. Google juga memantau kampanye-kampanye anda dan juga akan menampilkan iklan anda yang memiliki performa baik lebih sering. Inilah fitur AdWords yang bagus dan efektif. Tapi anda harus tetap memantau dan meningkatkan performa ikklan anda dengan mengedit kampanye-kampanye yang memiliki performa kurang baik. Terutama pada iklna anda apakah judulnya kurang baik, apakah deskripsinya juga kurang baik setelah itu lakukan testing lagi.
Rahasia#5: Selalu mengikuti perkembangan berita terbaru dan gunakan Google’s Help Resources
Salah satu hal terbaik yang dimiliki oleh Google adalah perkembangannya yang secara konsisten, fitur-fitur baru seperti mobile ads, image ads, video ads, keyword tool dan lainnya selalu berkembang sehingga memudahkan para pengiklan untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan lebih tertarget. Tapi salah satu hal terburuk juga berkembang secara konsisten, AdWords seperti halnya layanan Google yang lain juga mengalami perubahan yang sangat cepat. Perubahan yang terkadang kita sendiri tidak bisa selalu mengikutinya, namun satu-satunya cara untuk mengetahui perubahan apa saja yang terdapat pada layanan AdWords yaitu mengunjungi :
Google AdWords Help Center http://adwords.google.com/support
Mungkin ini merupakan sumber informasi yang terbesar, setiap perubahan atau revisi didokumentasikan di dalam Help Center termasuk perubahan pada algoritma dan formula quality score. Semua perubahan yang terjadi baik perubahan kecil maupun besar tidak selalu akan terlihat namun perubahan formula dan algoritma akan berdampak pada kampanye anda dan anda akan mengetahuinya dengan menganalisa traffic dan statistik. Mengetahui setiap perubahan yang terjadi akan membuat anda lebih siap jika ada perkembangan selanjutnya.
Google AdWords Learning Center : http://www.google.com/adwords/learningcenter/
Google telah berlaju pada jalurnya dalam memfasilitasi penggunan AdWords, ini telah digambarkan dengan antarmukanya yang mudah dan canggih. Dan juga banyak narasumber untuk metode bagi para pemula. Fasilitas multimedia yang terdapat juga menjelaskan lebih rinci setiap komponen yang terdapat pada AdWords dari perkenalan, mengatur akun, sampai penggunaan tools yang paling canggih hingga menjadikan anda lebih percaya diri untuk menjadi ahli dibidang AdWords.
Setiap tutorial terdapat presentasi berupa audio/video yang dipresentasikan secara mudah dan anda juga bisa mengikuti kuis setelah pelajaran berlangsung. Jika anda adalah seorang pemula di AdWords saya sarankan anda untuk meluangkan waktu sehari atau dua hari untuk mengikuti pelajaran satu persatu dan mengikuti kuisnya juga.
Inside AdWords http://adwords.blogspot.com
Inside AdWords adalah sumber berita resmi untuk segala informasi mengenai AdWords. Pada Inside AdWords tersebut terdapat banyak tautan yang berisi tutorial baik berupa video maupun teks. Blog ini merupakan blog yang sangat bermanfaat untuk informasi kini maupun selanjutnya mengenai Google AdWords. Sesering apapun perubahan yang terjadi pada AdWords sesegera mungkin akan diberitakan d blog tersebut. Dengan selalu mengikuti berita pada blog tersebut anda akan senantiasa tetap kompetitif sekaligus siap akan perubahan yang selanjutnya terjadi.

Post a Comment

 
Top