0
Berkembangnya fasilitas internet di Indonesia mendorong masyarakat berbondong – bondong membuat bisnis online. Kebanyakan dari pelaku bisnis online ini menjalankan bisnisnya hanya karena ikut – ikutan tren atau hanya sebagai usaha sampingan dan lebih parah lagi mereka tidak membekali dirinya dalam menjalankan bisnis tersebut. Alhasil, banyak dari pelaku bisnis online tidak dapat bertahan lama dalam menjalankan bisnisnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis online agar bisnis online Anda sukses.

Berikut adalah Tips Sukses Bisnis Online


 1.  Berikanlah Gambar Produk yang Bagus dan Info Produk Secara Lengkap
Apabila Anda menjalankan bisnis online, terutama  onlineshop, maka gambar produk serta informasi produk yang lengkap berperan penting mendorong calon pelanggan Anda untuk membeli produk yang dijual. Hal tersebut akan sangat membantu pelanggan Anda untuk mendapatkan gambaran mengenai kualitas produk yang dijual meskipun mereka tidak memeriksa produk tersebut secara langsung.
 2.  Cepatlah Dalam Memberi Respon Kepada Pelanggan
Ketika Anda terjun dalam bisnis online maka respon yang cepat merupakan salah satu hal yang harus anda lakukan, karena apabila Anda tidak merespon pelanggan Anda dengan cepat, maka bukan tidak mungkin mereka akan beralih ke pesaing Anda yang lebih cepat merespon pelanggannya.
 3.  Maksimalkan Channel Marketing yang Ada
Dalam menjalankan bisnis apapun, marketing adalah salah satu kunci dalam menentukan keberhasilan suatu bisnis. Sebaik apapun kualitas produk Anda, apabila tidak dipromosikan maka produk itu tidak akan dikenal orang dan apabila orang tidak kenal produk Anda, maka bagaimana orang akan membeli produk Anda? Maka maksimalkan lah upaya marketing yang ada
 4.  Jagalah Hubungan Anda Dengan Pelanggan
Bisnis bisa bertahan lama bukan hanya karena produknya memiliki kualitas yang baik ataupun memiliki strategi marketing yang tepat, melainkan juga karena adanya pelanggan yang loyal. Salah satu cara untuk membangun loyalitas pelanggan adalah dengan membangun kedekatan dengan mereka. Perlakukanlah konsumen Anda sebagaimana Anda ingin diperlakukan.
 5.  Fokuslah Dalam Menjalankan Bisnis Anda
Bisnis apapun tidak akan bisa berhasil apabila si pelakunya tidak fokus dalam menjalankan bisnisnya, begitu pula dalam bisnis online. Jalankan bisnis Anda dengan fokus dan profesional serta jangan pernah sekalipun memperlakukan bisnis Anda seperti layaknya usaha sampingan. Sekecil apapun bisnis yang Anda miliki, apabila dijalankan dengan fokus dan profesional maka bukan tidak mungkin bisnis tersebut menjadi bisnis yang bisa menghasilkan omset milyaran.
Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bisnis online Anda bisa sukses dan satu hal yang perlu Anda ingat adalah seorang pebisnis sukses tidak bisa dibentuk hanya dengan teori belaka, tetapi pebisnis sukses dibentuk dari gabungan antara pengetahuan dan praktek yang dia lakukan selama menjalankan bisnisnya.

Post a Comment

 
Top