0
artikel seo friendlyKualitas WEB OPTIMIZATION sebuah weblog tidak hanya ditentukan oleh design, pemilihan key word global, atau url creating berkualitas, meskipun pada akhirnya poin-poin tersebut sama pentingnya; namun bisa saya bilang semua itu akan sia-sia jika kita tidak memikirkan konten, atau dalam hal ini, artikel weblog. Artikel weblog adalah selection utama, yang harus dipikirkan terlebih dahulu melebihi yang lainnya. Percuma anda punya berbagai macam trik WEB OPTIMIZATION yang telah serta siap diluncurkan, namun weblog anda tidak memiliki artikel memadai untuk melakukan eksekusi WEB OPTIMIZATION tersebut. Selain itu, kekayaan key word natural sebenarnya tidak terletak pada meta deskripsi, concept, serta bagian-bagian yang dipaksakan untuk memperbanyak key word, karena itu justru bisa melukai WEB OPTIMIZATION weblog. Kekayaan key word natural justru didapat dari berbagai kombinasi konten artikel; semakin artikel bagus, berkualitas, banyak serta memperhatikan aspek-aspek penting WEB OPTIMIZATION, semakin kaya variasi key word natural sebuah weblog.

Berdasarkan argumentasi di atas, bisa kita lihat bahwa artikel weblog memiliki perbedaan signifikan dengan jenis-jenis artikel lainnya. Seorang penulis artikel bisa saja membuat artikel yang demikian panjang dengan isi yang sangat jelas, lugas, menyentuh, kreatif, deskriptif, informatif, solutif, analogis, metaforis, mendayu-dayu serta seterusnya. Tapi belum tentu dia bisa menulis artikel weblog. Exactly why? Karena ada satu poin yang belum disentuh: sisi WEB OPTIMIZATION artikel. Inilah yang membedakan anda, saya sebagai penulis weblog (blogger) serta penulis marketing lainnya.
Artikel weblog tentu saja harus tetap memberikan perhatian penuh pada pembaca, memberikan solusi, menghibur, informatif, serta memegang teguh prinsip-prinsip kepenulisan, tapi tidak bisa lepas dari konteks WEB OPTIMIZATION, dimana kita memperjuangkan artikel berkualitas yang ditulis agar bisa muncul dengan baik di SERP, sehingga tidak sia-sia.
Berikut beberapa tips dalam proses penulisan artikel Website yang memperhatikan aspek-aspek WEB OPTIMIZATION



Any. Hal-hal yang perlu Dilakukan Sebelum Posting/ Menulis Artikel Website
Pada tahap ini, jangan membuka peralatan apapun untuk menulis, jangan buka MASTER OF SCIENCE term, notepad, atau article publisher di dashboard. Ada saatnya, tapi bukan sekarang.

1. Memilih topik yang tepat
Memilih topik article adalah salah satu aspek penting yang tidak bisa disepelekan. Ini garis besarnya: jika anda menginginkan topik yang paling banyak dicari, maka anda harus menentukan topik yang diinginkan pembaca. Ini bukan berarti anda lepas dari market atau bidang kepenulisan yang anda sukai, tapi topik yang dipilih (setidaknya untuk saat ini) memiliki nilai atau price untuk pembaca yang menginginkannya.

Akan lebih hebat lagi jika topik yang dipilih bisa bertahan lama serta bahkan merupakan "topik abadi". Syarat utamanya adalah artikel tersebut harus unik serta first. Sehingga pembaca hanya akan, setidaknya dalam waktu tertentu, mendapati pembahasan atau solusi pada topik tersebut hanya dalam artikel anda. Meskipun topik yang anda pilih sama dengan beberapa artikel weblog lain, anda harus menentukan bahwa apa yang ada di dalam artikel anda berbeda dengan yang lainnya. Inilah yang disebut unik serta first. You could have anything to supply which other people tend not to, anda punya sesuatu untuk diberikan dimana yang lain tidak memilikinya.

3. Melakukan analisis kompetisi
Selalu perhatikan apa yang dilakukan weblog kompetitor, yaitu weblog yang memiliki market, topik, atau ruang tema sejenis dengan weblog anda; termasuk di antaranya adalah: strategi artikel yang mereka gunakan, artikel apa yang mereka tulis serta article, bagaimana peringkat SERP artikel-artikelnya, serta lain sebagainya. Jadikan poin-poin tersebut sebagai petunjuk.

Yang saya maksud dengan "petunjuk" bukan berarti meniru atau bahkan copas artikel mereka. Menjadikan sebagai petunjuk berarti mencari celah apa saja yang belum diisi, mencontoh strategi penulisan agar bagus di SERP, serta melihat peluang-peluang emas yang belum diambil oleh blog-blog kompetitor. Kesalahan terbesar blog-blog yang cuma menjadi "pengikut tanpa arah" adalah mereka melihat suatu artikel bagus kemudian copas habis-habisan isinya, sedkit modifikasi, lalu menerbitkannya seketika; tidak jarang dalam waktu yang hampir bersamaan setelah artikel asli diterbitkan. Ini yang membuat internet search engine segera curiga, penulis artikel asli curiga, serta akhirnya tidak hanya SEO-nya saja yang jelek, tapi juga predikat weblog tersebut di mata blogger lain. Apalagi saat ini algoritma spam Tumblr mulai mentarget blog-blog copas secara bertahap, tanpa laporan DMCA (contoh: terselubung, jiplakers). Makin runyam.

3. Melakukan cek serta prediksi pattern
Trend berkaitan dengan apa yang sedang hangat diperbincangkan, dicari, menjadi fokus perhatian, atau hal yang menjadi topik tak terpisahkan dari kehidupan (biasa saya sebut sebagai pattern abadi). Pastikan anda selalu mengikuti berbagai pattern yang sedang terjadi, menjadi perbincangan banyak orang, serta paling banyak disebutkan. Selalu libatkan diri anda dalam berbagai web 2 . 0, community forum, serta lain-lain. Membuat artikel/post yang sesuai dengan pattern tidak hanya akan membawa banyak pengunjung serta pembaca, tapi juga akan menunjukkan pada internet search engine bahwa weblog anda benar-benar dinamis serta menyediakan konten yang selalu segar serta baru kepada pembaca.

Prediksi berkaitan dengan analisa terhadap pattern apa yang akan segera terjadi dalam waktu terdekat. Kemampuan melakukan prediksi ini tentu berkaitan dengan kedekatan anda dengan berbagai marketing serta pattern yang terjadi saat ini, sebab pattern sekarang menunjukkan apa yang segera menjadi pattern di waktu mendatang. Sebagai contoh, saat pattern Korea (korean wave) mulai tercium baunya sejak medio 2010, saya telah menulis beberapa artikel untuk klien beberapa waktu sebelumnya. Bisa ditebak, pada saat pattern ini blossoming, artikel-artikel tersebut sudah berada di position atas SONY ERICSSON karena sebelumnya telah mendapatkan optimasi serta selangkah lebih maju dari-dari artikel-artikel sejenis setelahnya.

4. Menentukan kelayakan artikel: memperhatikan pengunjung serta WEB OPTIMIZATION
Pada akhirnya, strategi ini melibatkan dua fokus: kebutuhan pengunjung serta kebutuhan WEB OPTIMIZATION (dalam hal ini look for engine). Keduanya bersifat sinergis, sebab apa yang biasanya bermanfaat serta menjawab kebutuhan pengunjung adalah apa yang dibutuhkan oleh internet search engine. Apakah artikel yang akan anda tulis memiliki kriteria untuk keduanya? Termasuk di antaranya adalah: pattern serta key word. Sah-sah saja sebenarnya menulis artikel weblog apapun, termasuk "kegiatan saya sebelum mandi pagi" atau "nama-nama kucing saya", tapi apakah itu penting untuk menjawab kebutuhan pengunjung umum, serta apakah key word tersebut bisa menjadi key word penting di internet search engine? You have to think about it to start with. Jika layak, lanjutkan. Jika tidak, terserah anda...

Note: Ingat, topik yang sedang kita bicarakan adalah Artikel WEB OPTIMIZATION Welcoming, bukan artikel diari atau curhat.: )

5. Analisis Keyword
Jadi anda akhirnya memutuskan untuk menulis sebuah artikel weblog. Tapi, stop! Tunggu dulu. Anda harus memikirkan kata-kata penting (baca: keyword) yang harus anda gunakan. Analisis key word melatih kemampuan anda menggunakan serta mengolah kata-kata serta rangkaian kata "yang paling dicari" oleh pengunjung di internet search engine. Ada berbagai macam strategi serta alat untuk melakukan analisis key word. Anda bisa memulai dengan analisis key word sederhana ini. Menentukan key word secara efektif akan membuat artikel yang ditulis tidak sia-sia serta kandas di persaingan SERP serta menghindarkan artikel dari pembanjiran key word yang merusak artikel serta melukai WEB OPTIMIZATION weblog yang sudah anda bangun (penalti/banned).

M. Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Menulis Artikel Website
Sebagai penulis weblog, wajib hukumnya memperhatikan hal-hal teknis serta non teknis, terutama hal-hal yang berkaitan dengan WEB OPTIMIZATION.

6. Merancang judul artikel weblog
"Judul adalah mahkota tulisan", kata orang (siapa ya orangnya? ). Benar adanya menurut saya, baik untuk pengunjung maupun internet search engine. Bagi SONY ERICSSON, dalam beberapa kasus umum, judul memiliki bobot key word tinggi, sehingga perlu diperhatikan key word apa yang menjadi targeted serta harus digunakan. Pastikan key word penting ada di dalam judul, namun hindari pengulangan atau pembanjiran key word. Di sisi lain, anda tetap harus memperhatikan pengunjung, pastikan judul anda cukup menjelaskan isi artikel (cukup deskriptif serta jelas), serta variatif.

Judul yang memperhatikan key word serta kreatif memiliki nilai furthermore untuk internet search engine sekaligus pengunjung. Jika anda ingin memperkuat key word, pastikan beberapa key word ada di depan. Jika susunan concept marking anda adalah nama weblog: judul artikel (default blogger), pastikan untuk mengubah susunan concept marking tersebut. Namun perhatikan kebutuhan serta daya tarik judul agar tetap menarik serta membuat penasaran pembaca. Baca Judul Artikel anda Membosankan?

7. Mengoptimalkan Permalink
Permalink Tumblr (khususnya) memiliki batasan jumlah karakter, tergantung panjang kata yang anda gunakan (meski sekarang batasan karakter lebih panjang dari sebelumnya), namun ada kalanya terputus di tengah judul artikel. Pastikan permalink anda terisi key word penting serta tidak terputus dengan mengeditnya menggunakan fitur blogger custom permalink, hindari fungsi automated permalink. Pada WordPress, change permalink lebih mudah lagi, anda bisa mengutak-atiknya langsung pada permalink publisher di bawah kolom judul. Tidak semua kata harus masuk ke dalam permalink, jika perlu hilangkan kata-kata yang termasuk stop phrases seperti serta, yang, di, serta sejenisnya. Kadang saya menghindari kata-kata tidak penting lainnya serta hanya memasukkan 5 sampai 5 kata penting.

Kadang saya juga melakukan uji coba dengan menggunakan key word yang sama sekali beda, tapi itu untuk kebutuhan uji coba (dan terkadang "menyindir: http: //buka-rahasia. blogspot. com/2013/01/enyah-kau-spammer-komentar-blog. html), tapi itu bukan pokok.

8. Buka artikel dengan keyword-keyword penting
Terkadang poin ini disalahartikan sebagai mengulang judul pada paragraf pertama, sebenarnya maksudnya bukan itu. Sering saya melihat artikel yang bunyinya begini, "Halo, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas [judul artikel]", bahkan [judul artikel] seringkali ditulis beberapa kali di paragraf pertama. Poinnya bukan itu. Kita bisa menulis paragraf perkenalan dengan lebih kaya, komunikatif, serta kreatif. Poinnya adalah penekanan serta variasi key word, bukan pengulangan susunan key word, misalnya, "Hai, sobat Tumblr! Dulu kita kesusahan mengatur permalink artikel weblog untuk kepentingan WEB OPTIMIZATION, tapi sekarang, karena ditambahkannya fitur Tumblr Custom made permalink, mengatur isi URL halaman article lebih gampang, serta optimasi permalink jadi maksimal".

Ada kalanya saya sama sekali tidak membahas tentang topik yang dibicarakan pada paragraf pertama. Tapi sekali lagi itu untuk uji coba, basa-basi, serta sesekali tidak memperhatikan WEB OPTIMIZATION. Bagi saya ini penting untuk naturalisasi keseluruhan konten weblog (http: //buka-rahasia. blogspot. com/2013/07/cara-membuat-facebook-comment-like-box-responsive. html).

9. Penggunaan file format going, strong, italic, underline
Dalam konteks podium Tumblr, going memiliki 3 jenis tingkatan: going (h2), subheading (h3), serta modest going (h4). Heading sudah jelas merupakan judul weblog (jika menggunakan h2), terkadang judul weblog menggunakan h1 serta h3, semua tergantung design anda. Pastikan anda menggunakan subwoofer judul pada artikel untuk memisah beberapa poin penting. Bagi internet search engine, ini merupakan penekanan penting serta ejawantah atau pemecahan judul utama (judul artikel). Jika halaman artikel anda menggunakan H2 sebagai judul, maka subwoofer judul harus di bawahnya (h3 serta h4). Di WordPress, fitur ini bahkan hingga H6, namun H5 serta H6 dianggap kecil bobotnya, sehingga saya sarankan tidak digunakan di dalam article.


Penggunaan file format strong (cetak tebal), italic (cetak miring), serta underline (garis bawah) juga memiliki fungsi penekanan, ketiganya di-markup oleh marking m, marking we, serta marking oughout. Pastikan menggunakan salah satu dari ketiga file format tersebut untuk memberikan penekanan pada kalimat, kata, atau key word penting. Yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu berlebihan.

Penggunaan strong, italic, serta underline melalui design (CSS) tidak saya anjurkan, karena tidak dibaca Search engines. Gunakan langsung fitur strong, italic, serta underline di atas article publisher atau gunakan fungsi handle di computer keyboard (CTRL+B/I/U), karena menggunakan marking HTML serta bukan design.

Kedua jenis penekanan tersebut membuat pembaca lebih mudah melakukan selecting atau perunutan konten serta memberikan fokus pada sesuatu yang ditekankan. Bagi internet search engine, penggunaan marking going, strong, italic, serta underline memberikan informasi bahwa suatu kata, kalimat, atau bagian tertentu memiliki nilai penting sehingga diberi bobot lebih.

10. Meta Deskripsi
Pastikan untuk selalu mengisi meta deskripsi article di dalam fitur look for description, letaknya di panel/sidebar kanan bawah. Yang perlu diperhatikan adalah meta deskripsi harus unik, jangan asal comot dari artikel. Jika sama, maka tidak ada variasi key word yang seharusnya penting. Lihat meta deskripsi sebagai fitur tambahan yang menguntungkan, jangan malas-malasan mengisinya. Sediakan beberapa menit untuk merancang meta deskripsi unik serta memiliki rangkaian key word penting. Simak: Menggunakan serta Mengoptimalkan Meta Deskripsi Tumblr. Saya tidak menyarankan penggunaan meta deskripsi dinamis serta otomatis, sebab tampak tidak profesional, hanya pengulangan judul, spammy, berbahaya bagi WEB OPTIMIZATION weblog, serta tentu menunjukkan kemalasan pemilik weblog.

11. Central & additional relating
Connecting menuju submitting lain yang bersifat referensial sangat penting. Bagi pengunjung, link-link di dalam article menunjukkan sekaligus mendorong pengunjung pada artikel lain yang menjadi referensi, baik artikel-artikel di dalam weblog sendiri maupun blog/website lain. Mereka bisa mendapatkan sumber informasi lebih mendalam pada suatu topik atau tema yang berkaitan dengan topik di dalam artikel yang dibacanya.

Central relating membuat internet search engine mudah menemukan (memetakan) serta memberi bobot (pass pagerank) pada artikel lain yang dirujukkan. Central relating juga memiliki manfaat dalam menunjukkan otoritas weblog anda serta mengurangi reversal fee (dengan cara menambah pageview).

Outside relating bagi Search engines juga penting, sebab Search engines akan melihat anda memiliki referensi kemana saja, referensi atau linkback ke situs berkualitas atau menjadi sumber akan membuat artikel anda natural, sebab anda merujukkan hasil study atau pengutipan sumber dengan jelas. Bagi pengunjung eksternal relating memberikan kesan bahwa blog/situs anda memiliki hubungan dengan situs lain, serta tidak menyendiri. Pastikan dengan benar kapan anda harus menofollow sebuah url eskternal apabila memang anda tidak yakin dengan kualitasnya. Tapi perhatikan bahwa anda harus memberikan penghargaan dofollow pada suatu url sumber dimana anda mengambil atau mengutip konten sebagai wujud atribusi kepada sumber aslinya. Jangan takut pass pagerank atau memberikan link, justru tidak wajar jika sebuah weblog tidak memiliki url keluar sama sekali.

12. Spine word
Spine word adalah teks dimana sebuah url disisipkan. Saya sarankan untuk lebih membuat variasi terhadap anchorman word, hindari anchorman word yang selalu specific, atau sesuai dengan key word yang ditarget, buat variasi dengan kata-kata lain yang memungkinkan. Upayakan meminimalisir atau bahkan tidak menggunakan anchorman word yang terdiri dari hanya satu kata saja. Penguin telah menunjukkan kegarangannya serta kita mesti mewaspadai ini. Bahkan menurut saya, saat ini variasi dengan sebaris kalimat sebagai anchorman word justru tampak wajar serta tidak mengada-ada.
Selengkapnya:
Mengoptimalkan Spine Wording untuk Pengunjung serta WEB OPTIMIZATION
13. Penggunaan gambar serta marketing aesthetic lain
Penggunaan gambar juga memberikan nilai tersendiri terhadap internet search engine, selain tentu untuk pengunjung. Search engine akan melihat konten anda kaya, karena juga menggunakan marketing gambar sebagai bagian dari konten. Gambar bisa digunakan sebagai infographic, sebuah marketing untuk menyampaikan ide, gagasan, analisis, tutorial, dll dalam bentuk gambar. Atau anda bisa menggunakan gambar untuk menunjukkan poin penting, misalnya menunjukkan bagian tertentu dari sebuah software. Terlebih lagi jika anda menggunakan online video anda untuk menjelaskan, membahas, atau menunjukkan suatu hal penting, maka price artikel anda lebih tinggi lagi.

14. Mengoptimalkan ukuran record gambar
Running halaman web/blog masih menjadi isu penting bagi internet search engine. Oleh karena itu, sebisa mungkin optimalkan marketing (terutama gambar) agar tidak mengganggu packing halaman artikel. Structure gambar juga penting, jika anda hanya butuh gambar statis, tidak transparan, gunakan saja file format ekstensi JPG, karena lebih ringan serta biasanya memiliki ukuran record lebih kecil. Kompres gambar dengan berbagai software yang tersedia, jika terpaksa harus menggunakan PNG untuk mengejar trasparansi serta kualitas, gunakan PNG compressor ini. Gunakan GIF jika memang benar-benar dibutuhkan untuk menampilkan animasi serta lakukan optimasi (menambah kecepatan atau melakukan kompresi) jika memungkinkan.

15. Optimasi nama record gambar serta atribut ALT
Seperti dulu yang pernah saya bahas, nama record gambar (atau record apapun) yang kita post akan memiliki direct link/url, sama seperti halaman world wide web. Jika kita memberi nama record dengan baik serta benar sesuai konsep optimasi key word, maka record tersebut tidak akan sia-sia ketika kita sisipkan ke dalam konten. Jadi pastikan untuk meluangkan waktu melakukan rename/memberi nama record dengan key word penting sebelum diupload.
Jangan lupa pula menyisipkan alt word berisi key word penting ke dalam marking gambar, fungsinya adalah sebagai word (dan anchorman word jika diapit atribut link), sehingga teks tersebut akan terbaca juga oleh Search engines.

Post a Comment

 
Top